Minta Libatkan Penyandang Disabilitas Dalam Pesta Demokrasi,DPP PERSADA Datangi Kantor KPU Banten

INDONESIASATU.CO.ID:

wartabanten.com - Serang, Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Sahabat Difabel ( DPP PERSADA ) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Banten Senin, 24 September 2018. Maksud kedatangan pengurus DPP Persada adalah untuk mendorong Komisi Pemilihan Umun (KPU) melibatkan penyandang disabilitas dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Sahabat Difabel ( DPP PERSADA ) Provinsi Banten Memi Elmiliasari mengatakan, Dalam uu no 8 thn 2016 tentang hak penyandang disabilitas pasal 77 poin 1 disebutkan bahwa penyandang disabilitas berhak ikut serta dalam penyelenggaraan pemilu.

“Maka tadi diajukan kepada KPU jika dimungkinkan untuk melibatkan penyandang disabilitas dalam ppk sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Tetapi  tim ppk sudah terbentuk hanya akan ada penambahan.  KPU tadi berjanji  untuk mengakomodir usulan ini untuk diteruskan ke ppk agar bila ada penyandang yang mendaftar dan sesuai syarat untuk diterima." kata Memi usai audiensi dengan komisioner  KPU di Kantor KPU Banten

Dalam kesempatan itu, Memi juga mempertanyakan persiapan teknis aksessibilitas bagi penyandang disabilitas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dan kami juga meminta sinkronisasi data, karena data yang ada selama ini selalu tidak sinkron.

Komisioner KPU Banten H.Agus Sutisna menyambut baik kedatangan dan beberapa usulan dari para pengurus DPP Persada dalam memperjuangkan hak penyandang disabilitas, terutama mendorong difabel jadi penyelenggara Pemilu.

Ia mendukung dan mengapresiasi adanya keinginan dari penyandang disabilitas untuk turut serta aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang akan digelar tahun 2019. Agus mengatakan saat ini sedang berjalan seleksi bagi komisioner KPU di tiga Kabupaten/Kota diantaranya, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Tangerang. Penyandang disabilitas disilahkan untuk ikut bersaing berkompetisi tetapi tidak ada pengistimewaan semua akan diperlakukan sama. (Amel)

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita